triangle

UPT. PK2M PNL Gelar Seminar dan Pelatihan Softskill bagi Calon Lulusan

UPT. PK2M PNL Gelar Seminar dan Pelatihan Softskill bagi Calon Lulusan

Lhokseumawe – UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PK2M) Politeknik Negeri Lhoseumawe (PNL) menggelar kegiatan seminar dan pelatihan softskill yang bertemakan upgrade your self for the best future. Informasi yang diterima media ini dari Diana, SE.Ak, M.Si selaku Kepala UPT. PK2M PNL Senin, (30/08/2021) kegiatan ini diikuti ribuan calon lulusan tahun 2021 selama dua minggu.

“Pelaksanaan kegiatan sejak tanggal 18 Agustus – 9 September 2021 mendatang, dibuka oleh Direktur PNL,” kata Diana.

Tambah Diana yang juga merupakan dosen Jurusan Tata Niaga ini, kegiatan tersebut dirangkai dengan seminar motivasi dan persiapan diri memasuki dunia kerja.

“Ini merupakan seminar sehari yang serentak diikuti oleh 1.011 peserta yang merupakan calon lulusan PNL tahun 2021, karena pandemi, dilaksanakan secara virtual melalui media zoom meeting,” ungkap diana.

Menurut Diana kegiatan ini menghadirkan tim pemateri dan coach dari PT. Engineering Career Center Yogyakarta yang merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan professional yang sangat concern pada bidang penguatan karakter dan pengembangan softskill bagi talenta-talenta muda di perguruan tinggi Indonesia.

“Tim ini terdiri dari Nurhadi Irbath, Haryo Kusuma W, dan Psikolog Ria Aprilia Ariestianie. Mereka adalah orang-orang yang berkompetsn di bidangnya,” tutur Diana.

Kemudian, untuk pelaksanaan pelatihan softskill ungkap Diana, diikuti oleh 100 orang mahasiswa per batch-nya setiap hari secara tatap muka langsung, di Aula Lantai 3 Gedung Utama PNL mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB (7jam sehari).

“Adapun materi yang disampaikan mencakup persiapan calon lulusan PNL menghadapi dunia kerja berupa persiapan fisik dan mental dalam menghadapi psikotest dan wawancara, juga materi persiapan pemberkasan dokumen kerja berupa pembuatan surat lamaran kerja, menyusun curriculum vitae (CV) serta resume diri, dan materi penguatan karakter dan softskill bagi calon lulusan PNL,” rinci Diana.

“Penyampaian materi pelatihan dilakukan secara teori dan praktik langsung kepada peserta. Pemateri pelatihan softskill adalah para psikolog professional yang tergabung dalam Tim Psikolog PT. Psikodista Jaya, Aceh, yang merupakan mitra kerja PNL sejak tahun 2012, yang dipimpin oleh Nur Janah, S.Psikolog, MM, C.Ht.
Pelatihan softskill ini juga rencananya akan ditutup dengan pelaksanaan Uji Potensi berupa praktik langsung test wawancara dan psikotest yang akan dilaksanakan juga secara tatap muka langsung, dan akan diberikan penilaian, sertifikat pelatihan dan laporan hasil uji ,” tambahnya.

Dalam sambutannya Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, ST, M.Eng, Sc, saat membuka secara resmi kegiatan seminar dan pelatihan softskill, menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemic yang masih dihadapi saat ini, PNL tetap memfasilitasi secara rutin pelaksanaan kegiatan pelatihan softskill.

“Lulusan PNL harus lebih berkualitas, mampu bersanding dan bersaing baik dalam skala nasional maupun internasional,” ungkap Didi, demikian biasa ia disapa.

Tambah Didi, diharapkan lulusan PNL mampu menghadapi dunia kerja yang sangat kompetitif saat ini dengan berbagai kemampuan hardskill dan softskill yang mumpuni.

“Karenanya lulusan PNL harus terus mempersiapkan dan membekali diri, lakukan upgrading, rebranding dan recampaign kemampuan diri, dan tunjukkan bahwa lulusan PNL mampu memasuki dunia kerja dan menduduki posisi-posisi terbaik di industri, dunia usaha, dan dunia kerja,” ujar Didi.

“Selain itu lulusan PNL nantinya dapat berpartisipasi dalam mendukung program wirausaha atau entrepreneur menjadi program andalan yang dikembangkan oleh pemerintah saat ini,” pungkas direktur politeknik termuda di Indonesia ini.

Sekedar informasi, pembukaan acara seminar dan pelatihan ini dirangkai dengan proses penandatangan MoU dan MoA antara PNL dan PT. ECC secara simbolis, sebagai wujud kemitraan dan komitmen yang kuat kedua lembaga dalam mensukseskan dunia pendidikan dan mengantar generasi bangsa untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Leave a Comment